Cara Eksekusi Script R Studio Via Command Prompt

Cara Eksekusi Script R Studio Via Command Prompt

Cara Eksekusi Script R Studio Via Command Prompt
Jumat, 08 Mei 2020
Dibeberapa kondisi, kadang kita memerlukan sentuhan otomasi yang lebih simple, tidak mau ribet hanya ingin satu kali klik, fungsi-fungsi yang kita buat bisa berjalan dengan baik. Begitu juga dengan fungsi-fungsi script bahasa pemrograman R Studio.

Normalnya, script R Studio di eksekusi dengan membuka interface aplikasi R Studio itu sendiri, baik di consolenya atau melalui GUI R Studio itu sendiri. Namun ternyata ada cara yang lebih simple yang daripada kita harus memikirkan cara membuat script R Studio menjadi file single Executable layaknya aplikasi windows.


Yaitu dengan memanfaatkan batch programming atau file batch/command prompt. Inti dari coding batch command prompt adalah dengan memberitahu aplikasi apa untuk membuka file yang berektensi .R dan file .R tersebut ada dimana. editor script yang digunakan juga hanya menggunakan notepad yang di saveas all type dengan ektensi .R

setelah itu, terbentuklah single execute via command prompt, yang jika kita klik maka command prompt akan mengeksekusi file R tersebut tanpa harus kita membuka manual interface R Studio.

kurang lebih seperti berikut script command promptnya : (klik tombol generate, jika script tidak terlihat)

"C:\Program Files\R\R-3.6.1\bin\R.exe" CMD BATCH C:\xampp\htdocs\dportal\diden\RScript\RcrawlerNoScheduleInvalid.R
kalau kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk traktir penulis, agar lebih semangat sharing berbagai hal di blog ini ^_^
via link berikut ya :
Trakteer Saya
Kamu juga bisa request custom aplikasi dan otomasi data dengan memberikan rinci fitur apa yang kamu inginkan dengan mulai harga Rp. 50.000,- segera klik link ini ya :
Cara Eksekusi Script R Studio Via Command Prompt
4/ 5
Oleh

yuu.. kita budayakan berkomentar.. bersilaturahmi itu memperpanjang umur... ^_^