Cara Menginstall RDComclient pada R Studio

Cara Menginstall RDComclient pada R Studio

Cara Menginstall RDComclient pada R Studio
Minggu, 11 April 2021

Salah satu package yang sangat powerfull yang ada di dibahasa pemrograman R adalah RDComclient. RDComclient sendiri memungkinka kita untuk menggunakan semua fungsi-fungsi yang pada microsoft office seperti microft word, microsoft excel, microsoft outlook, microsoft powerpoint, dll.

karena kegunaannya inilah, banyak dari kita para pengguna bahasa pemrograman R akan sangat terbantu jika pekerjaan manual yang biasa kita lakukan di microsoft office, dikerjakan menggunakan bahasa pemrogramannya. Harapannya sekali klik, pekerjaan selesai.. hehehe...

Namun pada proses penggunaannya, proses instalasi package ini sudah tidak memungkinkan lagi via sintaks install biasa pada pemrograman R, karena RDComclient sudah tidak tersedia lagi, bahkan install langsung via repositori situsnya di https://www.omegahat.net sudah tidak bisa.

Cara menginstall RDComclient yang masih memungkinkan dilakukan adalah dengan melalui Github atau bisa langsung copas file-file RDComclient jika sudah ada. berikut untuk langkah-langkahnya :

klik generate untuk menampilkan script dan penjelasan

  • Cara Install RDComclient via Github :
install.packages(devtools)
library(devtools)
devtools::install_github("omegahat/RDCOMClient" force = TRUE)
library(RDCOMClient)

  • Cara Install RDComclient via Copy Manual Folder RDComclient : 
untuk folder dan file-filenya silahkan copas ke folder package R Studio
C:\Users\namaloginkomputer\Documents\R\win-library\versiR\
untuk folder dan filenya silahkan donwload disini
kalau kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk traktir penulis, agar lebih semangat sharing berbagai hal di blog ini ^_^
via link berikut ya :
Trakteer Saya
Kamu juga bisa request custom aplikasi dan otomasi data dengan memberikan rinci fitur apa yang kamu inginkan dengan mulai harga Rp. 50.000,- segera klik link ini ya :
Cara Menginstall RDComclient pada R Studio
4/ 5
Oleh

yuu.. kita budayakan berkomentar.. bersilaturahmi itu memperpanjang umur... ^_^