Cara Menjalankan Macro Ms. Excel di R Studio

Cara Menjalankan Macro Ms. Excel di R Studio

Cara Menjalankan Macro Ms. Excel di R Studio
Selasa, 05 Mei 2020
Biasanya karena beberapa hal, tidak semua fungsi excel bisa di take over oleh para pengguna bahasa pemrograman R, entah karena kerumitan yang njelimet scriptnya, sehingga tidak efisien atau memang pada package nya tidak tersedia fungsi yang dimaksud.



Base on pengalaman, berikut adalah cara menjalankan script Macro VBA Excel di bahasa pemrograman R. sebelum dimulai, pastikan rekan-rekan sudah menginstal package RDComclient. jika sudah, berikut untuk contoh script lengkapnya :

library(RDCOMClient)
aplExcel <- COMCreate("Excel.Application")
Xlwb <- aplExcel$Workbooks()$Open("C:\\Users\\blackminor\\Documents\\R Language\\Materi\\R Mix Macro excel\\coba.xlsm")
aplExcel[['Visible']] <- TRUE
aplExcel$Run("gantikuning")
Xlwb$Close(TRUE)
aplExcel$Quit()
rm(Xlwb, aplExcel)
gc()

untuk deklarasi, path file excel macro, dan nama macro (gantikuning) silahkan rekan-rekan sesuaikan. untuk logika script diatas berikut penjelasannya :
aplExcel dideklarasikan sebagai aplikasi excel, Xlwb sebagai workbook coba.xlsm, setelah dibuka, excel diset visible untuk proses pengeditan, lalu macro gantikuning dijalankan hingga proses selesai, ditutup dan sesi excel dihancurkan dengan rm dan gc().



jika dasar proses menjalankan macro excel via R studio sudah diketahui, maka sisanya tinggal imajinasi yang memodifikasi. semoga membantu. 😁
kalau kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk traktir penulis, agar lebih semangat sharing berbagai hal di blog ini ^_^
via link berikut ya :
Trakteer Saya
Kamu juga bisa request custom aplikasi dan otomasi data dengan memberikan rinci fitur apa yang kamu inginkan dengan mulai harga Rp. 50.000,- segera klik link ini ya :
Cara Menjalankan Macro Ms. Excel di R Studio
4/ 5
Oleh

yuu.. kita budayakan berkomentar.. bersilaturahmi itu memperpanjang umur... ^_^