Alasan Kenapa Kuli Komputer Harus Belajar R Language

Alasan Kenapa Kuli Komputer Harus Belajar R Language

Alasan Kenapa Kuli Komputer Harus Belajar R Language
Selasa, 05 Mei 2020
Sebenernya ada banyak alasan untuk rekan-rekan belajar bahasa pemrograman R ini, tapi sejauh yang saya alami, khususnya para kuli ketik komputer (dibaca : all position with personal computer) harus belajar R.
Lingkungan kerja saya sendiri termasuk jenis yang sangat baik untuk penerapan pemrograman R.

Stress bray.. 😂


Hampir semua jenis laporan dalam bentuk excel, komunikasi pakai aplikasi email outlook, aplikasi web base. Pokoknya surga deh buat penerapan R.

Microsoft Excel
Ada banyak package di bahasa pemrograman R yang berhubungan dengan pengolahan data Excel. Sebut saja yang populer Dplyr, dll. Dengan berbagai macam trik, kegiatan mengolah data Excel akan jauh lebih cepat. Contoh kasus : ditempat saya bekerja ada banyak data excel yang terpisah dalan 1 folder. Ada kondisi dimana saya harus menyatukan semua data Excel yang terpisah tersebut untuk dijadikan rekap tahunan. Dan R melakukannya hanya dalam hitungan detik.

Microsoft Outlook
Aplikasi ini selalu menjadi andalan dalam berkomunikasi, termasuk untuk mengirim report ke semua user. Contoh kasus yang saya alami adalah saya harus menginfokan nomor KPJ BPJSTK ke seluruh daftar/karyawan yang jumlahnya bisa ratusan bahkan ribuan. Dengan menggunakan R dan package RDCOMCLIENT, tadaaa.. 1 kali klik ratusan email terkirim.

Aplikasi Web Base
Pun dengan yang ini, ditempat saya bekerja ada banyak jenis aplikasi berbasis Web.. Sering saya harus mengambil data di Web tersebut tapi harus copas satu-satu. Namun dengan R ditambah package RVEST dan RCrawler. Semua data terscrap dengan baik. 

Terbayang sudah jika hal-hal tadi harus saya lakukan manual.. Jam kerja habis, pusing terbawa kerumah.. 😂 😂 

Jadi kesimpulan nya? Pemrograman R kudu bin wajib dikuasai, khususnya untuk saya sendiri... 😂 😂 
kalau kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk traktir penulis, agar lebih semangat sharing berbagai hal di blog ini ^_^
via link berikut ya :
Trakteer Saya
Kamu juga bisa request custom aplikasi dan otomasi data dengan memberikan rinci fitur apa yang kamu inginkan dengan mulai harga Rp. 50.000,- segera klik link ini ya :
Alasan Kenapa Kuli Komputer Harus Belajar R Language
4/ 5
Oleh

yuu.. kita budayakan berkomentar.. bersilaturahmi itu memperpanjang umur... ^_^