Pengalaman Teman Perpanjang SIM di Masa Pandemi Corona - Covid 19

Pengalaman Teman Perpanjang SIM di Masa Pandemi Corona - Covid 19

Pengalaman Teman Perpanjang SIM di Masa Pandemi Corona - Covid 19
Selasa, 12 Mei 2020
Diminggu kemarin salah satu teman sempat bercerita bahwa masa aktif SIM nya akan segera habis setalah lima tahun dipakai. Sebagai catatan bahwa biasanya masa aktif 5 tahun SIM (dalam hal ini teman saya memperpanjang SIM C) biasanya selalu akan habis tepat ditanggal lahir yang bersangkutan. Jadi contoh, jika saya lahir di 20 Mei, maka 5 tahun berikutnya, tepat ditanggal 20 Mei maka SIM tersebut sudah kadaluarsa.

Teman saya ini sempat mendatangi tempat memperpanjang SIM seperti biasanya. ketika datang ke tempat perpanjangan SIM ia ditanya tentang keperluannya, namun jawaban petugas yang ada ditempat, menginformasikan bahwa untuk proses perpanjangan SIM sekarang ditiadakan dahulu sementara hingga masa pandemi Corona berakhir, dan juga petugas tak lupa menginformasikan bahwa teman saya ini coba datang setelah tanggal 29 Mei.

Tidak jelas informasinya, namun pengalaman teman yang ingin perpanjang SIM tersebut, saya jadikan acuan untuk saya, karena saya sendiri diakhir bulan mei, SIM saya juga akan kadaluarsa. Coba browsing sana sini, akhirnya menemukan foto/gambar yang saya kutip dari kompas. informasi nya sebagai berikut :

Pengalaman Teman Perpanjang SIM di Masa Pandemi Corona - Covid 19

Informasi pertama menyebutkan seluruh unit SATPAS, unti gerai SIM dan SIM keliling ditutup hingga 29 Mei, dan yang menarik adalah point kedua, karena sesuai dengan kondisi saya dan teman saya bahwa jika SIM masa berlakunya habis diberikan dispensasi dan dapat diperpanjang kembali setelah tanggal 29 Mei 2020, dan dianggap sebagai perpanjangan SIM lama bukan pembuatan SIM baru.

artinya jika sesuai dengan ketentuan diatas, saya tidak perlu khawatir jika masa berlaku SIM sudah terlewat, karena tetap dikenakan sebagai perpanjangan SIM, dengan syarat setelah 29 Mei 2020 saya memperpanjang SIM.

tapi saya sendiri masih rada rancu yang dimaksud "Setelah 29 Mei 2020" kata "Setelah" itu maknanya luas sekali, karena artinya waktu dispensasinya bisa jadi cuma sehari tepat ditgl 30 Mei 2020 atau ternyata bisa jadi lebih lama. seminggu? sebulan? setahun? atau seperti apa.

mungkin ini disebabkan ketidakpastian pandemi Covid 19 atau Corona ini masih belum diketahui akan sampai kapan berkahirnya. yang pasti, yang bisa kita lakukan adalah selalu update informasi, tepatnya ditanggal 29 Mei nanti agar tidak terlewat seberapa lama waktu dispensasi yang diberikan.

kalau kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk traktir penulis, agar lebih semangat sharing berbagai hal di blog ini ^_^
via link berikut ya :
Trakteer Saya
Kamu juga bisa request custom aplikasi dan otomasi data dengan memberikan rinci fitur apa yang kamu inginkan dengan mulai harga Rp. 50.000,- segera klik link ini ya :
Pengalaman Teman Perpanjang SIM di Masa Pandemi Corona - Covid 19
4/ 5
Oleh

yuu.. kita budayakan berkomentar.. bersilaturahmi itu memperpanjang umur... ^_^