Permudah Pekerjaan Rutin Dengan R dan taskscheduleR

Permudah Pekerjaan Rutin Dengan R dan taskscheduleR

Permudah Pekerjaan Rutin Dengan R dan taskscheduleR
Selasa, 05 Mei 2020
Ada banyak sekali pekerjaan rutin yang sebenarnya tidak perlu kita lakukan secara terus menerus, apalagi pekerjaan tersebut dengan pola dan urutan yang selalu sama. kadang dibeberapa titik walaupun termasuk jenis pekerjaan rutin adakalanya lupa.

Sedikit curhat terkait dengan salah satu pekerjaan yang sebenarnya sederhana, tapi sangat sering terlupa, dimaklum yah.. mungkin faktor usia.. hehehe.. 😂 tapi jujur ketika pekerjaan ini terlewat, ada banyak orang yang terpengaruh. jadi salah satu pekerjaan rutin saya adalah menjaga data agar selalu sama antar database.

Perputaran pekerjaan rutin
ada 4 titik pada proses diatas. 
Recruitment akan selalu update database terkait dengan kebutuhan karyawan harian lepas, yang perlu digaris bawahi adalah karyawan harian lepas selalu sama, tapi untuk beda-beda departement. (dalam 1 minggu/bulan 1 karyawan harian lepas bisa pindah-pindah departemen) - info tersebut diterima ditunjukkan dengan garis putus-putus diatas. 

setelah database recruitment update, maka data ini dijadikan acuan untuk semua setting aplikasi di database personnel (setting aplikasi yang dimaksud adalah agar departemen bisa mengakses karyawan harian lepas pada sebuah aplikasi - biasanya digunakan untuk setting jadwal, alokasi kebutuhan produksi, dll).

data harian lepas telah disetting personnel, maka departemen sudah bisa mengalokasikan karyawan harian lepas sesuai dengan kebutuhan, hingga pada titik karyawan harian lepas akan mendapatkan upah setiap minggu. data absensi ditarik base on tap fingerprint sesuai departement dan dilakukan lah proses pemabayaran upah.

Setelah proses pembayaran upah, recruitment akan selalu check apakah karyawan harian lepas masuk bekerja atau tidak, berdasarkan upah yang dibayarkan payroll weekly. data tersebut juga dibandingkan dengan feedback dari departemen masing maisng, untuk menentukan apakah karyawan harian lepas tersebut bagus atau tidak.

proses ini berulang-ulang terus menerus..
saya berada pada titik database personnel, dan case pada proses tersebut adalah saya sering sekali terlewat 😵 karena proses perpindahan karyawan harian lepas yang lumayan cepat. entah karena saking cepatnya perubahan data atau memang saya yang lupa.  alhasil siklus perputaran system diatas tidak berjalan sempurna. dan mempengaruhi semua proses yang ada.

Nah dengan case diatas dan dampak yang dihasilkan cukup luar biasa, harusnya pekerjaan rutin yang polanya selalu sama, kita bisa menggunakan bahasa pemrograman R dan package taskscheduleR (Baca : Cara Menggunakan GUI TaskScheduleR Tanpa Ribet) sebagai jalan keluar.

flownya adalah :
  • collect database recruitment sesuai dengan data yang dibutuhkan
  • bandingkan database recruitment dengan database personnel
  • jika ada perbedaan maka data langsung dirubah
  • gunakan taskscheduleR sebagai trigger script R
trigger bisa disetting perjam, perhari, minggu, bulanan, dll. sesuai dengan kecepatan perubahan data, normalnya untuk karyawan harian lepas akan pindah departemen perhari/perminggu/perbulan maka bisa kita bisa pilih perhari sebagai kemungkinan tercepat perubahan data.

dan pesan om mario :



sekian sharingnya.. doakan yaa semoga bisa update script contoh terkait case diatas.. hatur nuhun. 😁
kalau kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk traktir penulis, agar lebih semangat sharing berbagai hal di blog ini ^_^
via link berikut ya :
Trakteer Saya
Kamu juga bisa request custom aplikasi dan otomasi data dengan memberikan rinci fitur apa yang kamu inginkan dengan mulai harga Rp. 50.000,- segera klik link ini ya :
Permudah Pekerjaan Rutin Dengan R dan taskscheduleR
4/ 5
Oleh

yuu.. kita budayakan berkomentar.. bersilaturahmi itu memperpanjang umur... ^_^