Pengalaman Top Up Saldo Jenius BTPN, Delay Atau Ontime? Beda Bank Gratis Admin?

Pengalaman Top Up Saldo Jenius BTPN, Delay Atau Ontime? Beda Bank Gratis Admin?

Pengalaman Top Up Saldo Jenius BTPN, Delay Atau Ontime? Beda Bank Gratis Admin?
Senin, 08 Juni 2020
Ditanggal 06 Juni kemarin, saya sempat sharing dan bercerita tentang kebutuhan saya akan tabungan yang bisa untuk menyimpan dan investasi dengan return yang lumayan tinggi dan bisa bebas diambil kapan saja tanpa kena charge. Akhirnya salah satu rekan kerja memberikan satu referensi yang mungkin bisa saya pelajari, yaitu Jenius yang tidak lain adalah besutan bank BTPN.


sumber gambar : www.jenius.com

Setalah mondar mandir, akhirnya saya coba untuk daftar di aplikasi Jenius, singkat cerita, pendaftarannya cukup lumayan mudah, apalagi untuk sekelas aplikasi keuangan yang terkoneksi dengan perbankan. diawal hanya diminta isi email dan nomor handphone, selebih NPWP dan data-data sederhana. Dihari pertama saya buat akun, saya sempat terkendala dalam proses aktivasi karena melalui video call. sudah coba beberapa kali ternyata ketika proses aktivasi suara mbak-mbak dan mas-mas team jeniusnya tidak ada suaranya. sampe bosen saya nerima isi sms kode 6 digit login.

akhirnya kendala tersebut solved dengan menggunakan handphone istri saya. Yaps, video call aktivasi akun Jenius di handphone istri saya tanpa terkendala dan kurang dari 1 menit, gileee...

sebagai informasi, handphone saya yang tidak bisa digunakan untuk vide call aktivasi Jenius adalah Xiaomi Redmi 4 Prime, sedangkan handphone istri saya Xiaomi Redmi 5A. yah, couple Siomay.. hahaha,, saya sendiri tidak tahu alasannya karena apa, tapi yang penting aktivasi berjalan lancar dihari kedua. (rentang waktu aktivasi akun via video call lumayan cepat, sekitar 5 menit langsung dapat notifikasi akun berhasil aktif).

Jeng-jeng, karena saya orangnya ga sabaran, dihari kedua itu juga saya langsung cari cari artikel pendukung untuk proses Top Up aplikasi Jenius seperti apa. Sebenarnya diaplikasi Jenius sudah sangat rinci proses top upnya seperti apa, yaitu melalui proses transfer bank, m banking atau internet banking. lengkaaap.

Tapi seperti biasa, saya termasuk orang yang tidak mau disuapi dengan artikel resmi yang hanya dari sudut pandang aplikasi Jenius, padahal siapa tau dari sisi lain tidak semudah itu.

setalah browsing-browsing, keluar masuk medsos, forum, akhirnya saya coba simpulkan banyak kendala dalam proses Top Up Aplikasi Jenius ini adalah kebanyakan DELAY Bin Lama. bahkan ada yang sempat cerita harus mondar mandir ke bank tempat transfer karena saldo sudah terpotong tapi diaplikasi Jenius saldo tidak masuk.

Nah, ini baru berimbang sudut pandangnya. Dari sekian banyak yang kendala delay ada juga yang hanya butuh 5 menit untuk masuk  (lumayan cepat ya untuk ukuran beda bank), ada yg sampai bolak balik ke banknya nunggu sekian hari kerja..widih,,.

dan lanjut riset kecil-kecilan, Browsing-browsing lagi, banyak juga yang mengeluhkan biaya transfer ke bank BTPN lumayan, range 3rbu hingga 10rbuan mungkin ya, padahal buat beli cilor enak nominal segitu.

Berangkat dari riset kecil-kecil itu, masalahnya ada 2 :
  1. Delay
  2. Biaya Transfer
Delay ini lumayan sensitif sih menurut saya, walaupun tidak semua transaksi beda bank yang transfer ke Jenius ini akan delay, tapi ini cukup membuat was was. Dan biaya transfer juga cukup jadi batu kerikil, karena lumayan mengurangi saldo.

Akhirnya, karena saya masih sangat penasaran dengan Jenius 2 masalah tadi saya coba bumi hanguskan dengan menggunakan aplikasi start up baru, yaitu flip. bagi yang belum tau, flip adalah layanan untuk transfer antar bank tanpa biaya admin. bisa didownload di playstore dan daftar ya untuk aplikasinya.


sumber gambar : flip.id

Cara kerjanya adalah saya mengisi data rekening Jenius saya di flip, masukkan nominal yang ingin saya top up. Lalu saya transfer ke rekening flip sesuai rekening yang saya punya (saya punya BCA ke BCA nya flip==> bisa juga selain BCA). setelah saya transfer ke flip, lalu flip akan transfer ke rekening Jenius saya melalu bank BTPN nya jenius (belibet ya? hahaha, tp ini mudah kok kalau praktek).

(fyi : dalam transaksi di flip, nominal akan selalu ditambah dengan nomor unik untuk memudahkan validasi pihak flip dan kode unik ini dikembalikan lagi dalam bentuk nominal ke saldo flip).

dan tadaa..
kurang dari 3 menit, saldo Jenius saya bertambah dan yang terpenting GRATIS Biaya Admin. yaps begitulah, belibetnya saya kalau sudah dihadapkan dengan masalah dan kendala, harus banyak riset.

Sekian sharingnya, jika memungkinkan saya akan sharing kembali mengenai si om Jenius ini ya.

salam
Diden
kalau kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk traktir penulis, agar lebih semangat sharing berbagai hal di blog ini ^_^
via link berikut ya :
Trakteer Saya
Kamu juga bisa request custom aplikasi dan otomasi data dengan memberikan rinci fitur apa yang kamu inginkan dengan mulai harga Rp. 50.000,- segera klik link ini ya :
Pengalaman Top Up Saldo Jenius BTPN, Delay Atau Ontime? Beda Bank Gratis Admin?
4/ 5
Oleh

yuu.. kita budayakan berkomentar.. bersilaturahmi itu memperpanjang umur... ^_^