Aplikasi Web Kirim Email Outlook? Why Not!

Aplikasi Web Kirim Email Outlook? Why Not!

Pengalaman penulis ketika develop aplikasi web internal, sering sekali menemukan hal yang terbatas dengan akses. Alih alih hanya berdiam diri, akhirnya diulik dan ketemulah cara nyeleneh yang sedikit bisa mengobati rasa puas hati karena akhirnya juga bekerja jadi tidak super manual. Salah satunya adalah fasilitas email.
 

Normalnya aplikasi web bisa merespon untuk mengirim email ke target user adalah dengan settingan aplikasi web sudah mengantongi izin dari hosting untuk menggunakan smtp dan bla bla bla. Cara ini tentu tidak memungkinkan apalagi apalah saya yang membuat aplikasi hanya di localhost.
  sedikit tau beberapa fungsi command prompt dan bahasa pemrograman R. Akhirnya aplikasi web yang bisa merespon via email tercipta tanpa harus pakai smtp
Cara kerja sederhana nya adalah :

  • Akses file .php yang didalamnya ada perintah exec("path file .bat"). Proses akses file php tersebut bisa via href atau bisa juga pakai ajax jquery. 
  • Didalam file .bat isinya adalah alamat aplikasi R dan alamat file R. Sebagai info, file ekstensi file bat ini bisa diganti dengan .cmd, keduanya sama saja, sama-sama untuk mengeksekusi perintah command prompt. 
  • Didalam file R terdapat sintaks bahasa R untuk membuat email melalui outlook. Library yang digunakan adalah RDComclient. Fyi : pembuatan email melalui sintaks R ini juga sudah saya share diblog ini.

Cara tersebut ternyata cukup lumayan membantu dan hingga sekarang masih tetap saya gunakan, sambil mencari cara yg lebih mudah tanpa harus melibatkan beberapa bahasa seperti diatas.

FAQ : kenapa harus command prompt? Karena sejauh ini saya mengetahui bahwa PHP tidak bisa mengeksekusi langsung bahasa R, jadi sebagai perantara eksekusi saya menggunakan command prompt, yang sudah pasti bisa dieksekusi lewat PHP melalui perintah exec(). 
PHP > CMD > R
kalau kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk traktir penulis, agar lebih semangat sharing berbagai hal di blog ini ^_^
via link berikut ya :
Trakteer Saya
Kamu juga bisa request custom aplikasi dan otomasi data dengan memberikan rinci fitur apa yang kamu inginkan dengan mulai harga Rp. 50.000,- segera klik link ini ya :
Aplikasi Web Kirim Email Outlook? Why Not!
4/ 5
Oleh

yuu.. kita budayakan berkomentar.. bersilaturahmi itu memperpanjang umur... ^_^