Aplikasi Iseng Yang Ternyata Dibutuhkan Orang Lain

Aplikasi Iseng Yang Ternyata Dibutuhkan Orang Lain

Aplikasi Iseng Yang Ternyata Dibutuhkan Orang Lain
Rabu, 19 Juli 2023

Diminggu ini saya bersemangat belajar kembali bahasa pemrograman yang sudah lama saya tinggalkan, karena memang 3 tahun belakang ini sedang asyik sekali dengan dunia javascript, khususnya nodejs sehingga sedikit melupakan bahasa-bahasa pemrograman lain yang sempat meramaikan malam-malam saya ketika gabut.

Semangat ini terpicu karena memang ada salah satu orang yang menurut saya, tidak muda lagi namun masih sangat semangat belajar bahasa pemrograman yang sudah saya tinggalkan ini, jadi bahasa pemrograman yang dimaksud adalah Visual Basic.

Dulu, lebih dari 10tahun yang lalu awal mula saya terjun kedunia visual basic adalah karena merasa bahwa ini adalah bahasa pemrogaraman yang cukup mudah dan masih tinggi demandnya dikalangan mahasiswa, tapi secara pribadi kala itu alasannya adalah diantara bahasa pemrograman yang pada waktu itu dipelajari :

  • Borland C++
    Jujur saya merasa salah masuk jurusan ketika diawal semester harus bertemu dengan bahasa pemrograman ini, selain karena tampilan seperti terminal command prompt yang hitam putih, tapi juga belum tau ini penerapannya akan kemana si hitam putih ini.
  • Borland Delphi
    Karena memang pada waktu belajar ini saya sebagai assisten laboratorium, jadi cukup lumayan kenyang menerima pertanyaan dari mahasiswa lain dan merasa kok kaya ada yang aneh ya dengan debuggernya delphi ini, terkadang menemukan bug yang saya sendiri bingung menghadapinya, namun ketika di restart & re-running bug tersebut hilang.. nah? kadang Sensitive case juga pada waktu itu cukup membuat rumit, karena code editornya pada waktu itu belum bisa mengkoreksi jika ada 1 sintaks yang salah dalam penulisannya.
  • Java NetBeans
    Waktu itu yang membuat sedikit malas adalah sebelum terjun ke GUI nya, diajarkan membuat GUI full sintaks, gila sih ini, buat tombol 1 aja bisa lama banget, walaupun hasilnya cukup custom karena dibuat secara manual. namun karena metode belajarnya yang kurang tepat untuk saya, yang butuh bahasa pemrograman yang endingnya kemana, bisa apa aja & praktik pada core nya, jadi saya kurang tertarik, padahal si java ini masiih tinggi sekali demandnya hingga saat ini dan bisa memenuhi kebutuhan pada waktu itu.
  • PHP
    bahasa pemrograman web sejuta umat ini ngebuat saya ilfill karena code editor pada waktu itu tidak secanggih visual code hari ini, jadi pada waktu diajarkan via code editor : PHP Coder, nah si PHP Coder ini mirip notepad dengan sedikit warna dan tanpa autotype. kebanyang dong, belajar web programing pakai ini, apalagi pasti sepaket dengan HTML, CSS, Javascript ketika ada 1 sintaks php kurang titik koma (;), selayar ga nampil semua dan harus bacain script dari atas kebawah buat nyari kutu.
  • Visual Basic 6
    ini adalah bahasa pemrograman yang membuat saya semangat ngoding, karena dari sini saya banyak membuat aplikasi untuk mahasiswa lain, alias jadi joki.. haha.. sebenernya bahasa pemrograman ini sudah cukup lumayan jadul waktu itu, tapi karena demandnya masih tinggi dan mudah untuk didevelop, yowis, sikat ae.. 

Bahkan setelah lulus masih sempat beberapa kali membuat aplikasi berbasis visual basic, hingga akhirnya merasa tidak nyaman melihat IDE nya yang kotak-kotak dibanding dengan system operasi windows 7 waktu itu dan mencoba migrasi ke versi .NET yang cukup lumayan enak dipandang.


sempat membuat aplikasi inventory menggunakan VB.NET ini, namun sepulang kerja sudah tidak bisa lagi ngoprek karena kepala sudah nyut-nyutan jadi ditinggal sepotong, peninggalannya ada di artikel ini :


dan juga sempat develop juga aplikasi yang bersinggungan dengan pengalaman kesulitan ditempat kerja, yaitu saya butuh system reminder terkait dengan karyawan kontrak, sempat dishare cara penggunaannya diakun youtube saya  : https://youtu.be/NradsRc2RPg dan dibuatkan dokumentasi diblog ini juga di artikel :



setelah dipost dan terindex dengan baik di youtube dan google, ternyata aplikasi reminder karyawan selesai kontrak itu banyak mendapat banyak peminat untuk dikembangkan dan komentar positive, namun sayangnya saat itu saya tidak banyak merespon karena keterbatasan koneksi internet dan waktu. jadi saya hanya memantau saja aplikasi saya dari google drive yang banyak permintaan request untuk download.


termasuk orang yang saya ceritakan diawal yang saya tidak banyak respon,hingga suatu hari, mungkin karena kesal DM di media sosial sering diabaikan, ybs coba mengirim pesan via contact form yang terkoneksi dengan whatsapp pribadi saya.


Dilihat profilenya, mungkin usianya lebih senior dari saya namun semangatnya ini yang membuat saya bergerak, karena ybs juga ternyata punya minat yang sama dengan vb.NET jadi mungkin ybs. pantau saya via akun channel youtube hingga blog dari artikel lama, dan memberanikan diri untuk mengirim pesan secara pribadi untuk membeli source code aplikasi reminder pkwt sebagai referensi ybs. belajar.


Ybs. juga sempat bercerita sempat membuat aplikasi sederhana perpustakaan dari buku tutorial yang baru saja dibelinya dan mencoba menguhubungi beberapa programmer walaupun sempat diabaikan dan akhirnya menemukan saya walaupun diawal abai, akhirnya saya respon juga


Semangatnya yang luar biasa, akhirnya membuat saya bergerak lagi menghidupkan artikel program aplikasi reminder pkwt dan mencoba update fitur-fitur yang ada di aplikasi tersebut.


Aplikasi sederhana yang berawal dari kesulitan saya, dan coba saya selesaikan dengan cara saya sendiri, ternyata cukup banyak dibutuhkan oleh orang lain.Tidak penting didevelop menggunakan bahasa pemrograman apa, yang penting bisa menyelesaikan masalah yang ada.

kalau kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk traktir penulis, agar lebih semangat sharing berbagai hal di blog ini ^_^
via link berikut ya :
Trakteer Saya
Kamu juga bisa request custom aplikasi dan otomasi data dengan memberikan rinci fitur apa yang kamu inginkan dengan mulai harga Rp. 50.000,- segera klik link ini ya :
Aplikasi Iseng Yang Ternyata Dibutuhkan Orang Lain
4/ 5
Oleh

yuu.. kita budayakan berkomentar.. bersilaturahmi itu memperpanjang umur... ^_^