Cara Me Refresh Laporan di DataReport database MySQL

Cara Me Refresh Laporan di DataReport database MySQL

Cara Me Refresh Laporan di DataReport database MySQL
Kamis, 21 Februari 2013
Cara Me Refresh Laporan di DataReport database MySQL - Postingan kali ini adalah sesuai dengan pengalaman saya sendiri yang kebingungan bagaimana cara mengupdate dan merefresh sebuah laporan. Studi kasus yang dialami adalah pada proses transaksi suatu program penjualan, yakni pada saat pencetakan struk pembelian.

Perlu difahami bahwa struk pembelian ini didapat dari tabel sementara, yang berarti bahwa setiap data yang disimpan pada tabel ini hanya bersifat sementara. dan hanya untuk kepentingan pencetakan sebuah struk.

Masalah yang selalu terjadi pada proses ini adalah :
ketika transaksi dilakukan, nomor transaksi dan data yang tercetak pada struk memang benar dan sesuai, tetapi ketika transaksi yang selanjutnya dilakukan, pada saat pencetakan struk, momor transaksi dan data yang tercetak pada struk tersebut adalah data transaksi yang sebelumnya.

Penyebab kenapa Struk Transaksi tidak berubah dan tidak update pada proses transaksi baru :
Hal ini disebabkan koneksi pada database masih berlangsung dan tidak terupdate. dan juga berdampak pada isi record pada setiap table. Namun jika koneksi tersebut diputus, maka program tersebut pasti tidak bisa berjalan kembali.

Solusi utamanya adalah dengan mengkoneksikan ulang DataEnvirontment yang memang koneksi antara DataReport dengan Database MySQL di Visual Basic 6.0.


If DataEnvironment1.rstransaksi.State = adStateOpen Then

        DataEnvironment1.rstransaksi.Close
End If
        DataReport.Refresh
        DataReport.Show

Penjelasan dari listing diatas adalah jika DataEnvirontment1 masih terbuka maka DataEnvirontment1 ditutup Lalu DataRepor di Refresh dan ditampikan.

Sekian Cara Me Refresh Laporan di DataReport database MySQL, semoga membantu,, Silahkan berkomentar jika ada yang kurang jelas.
kalau kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk traktir penulis, agar lebih semangat sharing berbagai hal di blog ini ^_^
via link berikut ya :
Trakteer Saya
Kamu juga bisa request custom aplikasi dan otomasi data dengan memberikan rinci fitur apa yang kamu inginkan dengan mulai harga Rp. 50.000,- segera klik link ini ya :
Cara Me Refresh Laporan di DataReport database MySQL
4/ 5
Oleh

yuu.. kita budayakan berkomentar.. bersilaturahmi itu memperpanjang umur... ^_^