Mengenal Lay Out Aplikasi R Studio Yang Sering Digunakan

Mengenal Lay Out Aplikasi R Studio Yang Sering Digunakan

Mengenal Lay Out Aplikasi R Studio Yang Sering Digunakan
Selasa, 05 Mei 2020
R Studio adalah Interface untuk bahasa pemrograman R, jadi sederhananya untuk lebih memudahkan programmer dalam menjalankan script, berikut adalah penjelasan sekilas mengenai tampilan atau fungsi fungsi yang saya gunakan :

 
seperti aplikasi windows pada umumnya, dari kiri paling atas adalah menu menu dalam membantu proses pembuatan sript di R Studio. saya sendiri jarang menggunakan menu diatas, hanya menu file untuk import data dari excel.


kalau untuk yang ini, saya kurang tau namanya apa, tapi jika dibandingkan dengan excel adalah list nama sheet lembar kerja, ini sering saya gunakan untuk preview data frame atau untuk berpindah antara script.


Nah kalau yang ini sudah jelas, adalah area kerja alias tempat saya menempatkan script, tampilannya persis dengan script editor html, php, dsb. terdiri paling kiri angka (row script) dipojok kanan ada panah hijau untuk menjalankan scrip secara keseluruhan atau hanya perbaris.


Untuk yang ini hampir sama dengan area kerja diatas, namun biasanya hanya untuk script yang sekali pakai/testing/tidak untuk disimpan. untuk area yg ini biasanya saya hanya menggunakan tab consolenya saja, untuk terminal pernah coba, fungsinya sama persisnya dengan command prompt pada windows, dan untuk jobs belum pernah pakai dan belum tau fungsinya, ada yang sudah? 


menu yang ini, hanya saya lihat pada tab environtment, karena biasanya informasi yang ada disini adalah semua variabel atau konstanta yang sebelumnya kita deklarasikan, sedangkan untuk tab yang lain belum saya maksimalkan.





untuk menu ini, biasanya sangat sering saya gunakan. tampilan diatas aktif tab nya mengarah pada packages : ini adalah list package yang sudah terinstal pada R Studio, selain itu tab Help juga sering saya gunakan untuk melihat contoh script setiap package yang sudah terinstal. Tab Files untuk preview file yang mungkin kita ingin import, Tab Plots biasanya saya gunakan untuk preview image hasil screnshot dari browser atau bisa difungsikan untuk hal lain, dan untuk viewer sementara ini belum saya maksimalkan.

sekian penjelasan sekilas mengenai lay out R Studio, mohon bantuan rekan-rekan jika ada yang ingin ditambahkan atau dikoreksi.
kalau kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk traktir penulis, agar lebih semangat sharing berbagai hal di blog ini ^_^
via link berikut ya :
Trakteer Saya
Kamu juga bisa request custom aplikasi dan otomasi data dengan memberikan rinci fitur apa yang kamu inginkan dengan mulai harga Rp. 50.000,- segera klik link ini ya :
Mengenal Lay Out Aplikasi R Studio Yang Sering Digunakan
4/ 5
Oleh

yuu.. kita budayakan berkomentar.. bersilaturahmi itu memperpanjang umur... ^_^