Mutate - dplyr : Menambah Kolom Baru Hasil Kondisi Atau Aritmatika

Mutate - dplyr : Menambah Kolom Baru Hasil Kondisi Atau Aritmatika

Mutate - dplyr : Menambah Kolom Baru Hasil Kondisi Atau Aritmatika
Selasa, 05 Mei 2020
Dibanyak kondisi, kadang kita sering sekali dihadapkan pada sebuah data yang mengharuskan ada proses percabangan atau aritmatika, sehingga kita memerlukan kolom baru atau tambahan sebagai wadah dari hasil kondisi atau aritmatika.
Menurut saya pribadi, ini adalah skill dasar awal yang harus dimiliki jika rekan-rekan ingin melangkah ke tahap selanjutnya, jangan seperti saya.. karena ingin instan, belajarnya loncat-loncat sehingga ketika saya sedang merangkai script yang rumit, kepentok dengan hal dasar,,. hehehe.. 😑

mungkin terkait dalam kondisi ini, kita memerlukan package yg hampir programmer R sudah tahu, yaitu package dplyr (dplyr itu deployer bukan sih? 😒 ) kalau rekan-rekan belum  install, yuk langsung saja eksekusi :

install.packages("dplyr")

dowload.. download.. download.. yak tungguin sampai selesai.. dan anggaplah sudah selesai, langsung kita simulasikan dengan kondisi :


pada awal kondisi, hanya ada dua kolom, yaitu nilai.1 dan nilai.2, namun karena ada kebutuhan untuk ada proses perkalian diantara kedua kolom tersebut sehingga kita memerlukan kolom tambahan bernama hasil.perkalian.

pada tugas pertama, kita akan membuat data.frame dahulu dengan nilai-nilai seseuai data diatas, kurang lebih beriku, pertama saya akan membuat variabel penampung dulu untuk nilai nilai diatas, variabel a

a= data.frame("nilai 1"=c(4,3,7,8,6), "nilai 2"=c(3,5,5,8,9))

setelah membuat  deklarasi, boleh lah kita coba View dulu, kali aja data yang aneh,,, instruksinya sederhana :
View(a)

setelah yakin dengan data yang telah sesuai, yuk kita mulai menggunakan package dplyr, jika belum instal, bisa langsung eksekusi :

install.packages("dplyr")


atau bisa langsung aktifkan package nya jika sudah diinstall :

library(dplyr)


kenapa kita harus menggunakan dplyr?
jadi sederhananya dplyr adalah package untuk manipulasi data, dan salah satunya adalah fungsi mutate yang kita perlukan untuk menambah kolom baru hasil kondisi atau aritmatika.

tanpa panjang lebar lagi, yuk kita langsung eksekusi fungsi mutate, berhubung kita sudah deklarasi variabel a, maka kita lanjutkan proses manipulasi data pada variabel tersebut :

a=a %>% mutate(hasil.perkalian=nilai.1*nilai.2)


yap, pada script diatas, selain a telah menampung dataframe nilai.1 dan nilai.2, a juga diberikan sebuah kolom baru bernama hasil.perkalian, yang mempunya fungsi perkalian antara nilai.1 dan nilai.2. silahkan ulangi script :

View(a)

berikut hasil dari script :


kalau kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk traktir penulis, agar lebih semangat sharing berbagai hal di blog ini ^_^
via link berikut ya :
Trakteer Saya
Kamu juga bisa request custom aplikasi dan otomasi data dengan memberikan rinci fitur apa yang kamu inginkan dengan mulai harga Rp. 50.000,- segera klik link ini ya :
Mutate - dplyr : Menambah Kolom Baru Hasil Kondisi Atau Aritmatika
4/ 5
Oleh

yuu.. kita budayakan berkomentar.. bersilaturahmi itu memperpanjang umur... ^_^