Otodidak Pemrograman Macro VBA Excel

Otodidak Pemrograman Macro VBA Excel

Otodidak Pemrograman Macro VBA Excel
Minggu, 12 Oktober 2014
Otodidak Pemrograman Macro VBA Excel - Pemrograman Macro VBA Excel mungkin sangat sedikit penggunan dan pengembangnya dibanding dengan jenis pemrograman lain. Dilihat dari namanya saja "Macro" pembaca sudah bisa mengira seperti apa pemrograman ini. Pemrograman macro VBA adalah jenis pemrograman yang hanya bisa berjalan diatas aplikasi lain (dalam hal ini  ms. Excel. Jadi tanpa adanya aplikasi induknya (contoh : excel) macro VBA ini tidak bisa berjalan.

Meskipun begitu, pemrograman macro ini banyak sekali penggunanya diperusahaan. diperusahaan tempat penulis menimba ilmu juga jenis pemrograman ini sangat diminati mengingat fungsinya yang dapat memudahkan pengolahan data yang sangat banyak yang ada di excel dengan singkat.



Bisa karena Pengalaman di Visual Basic 6 - penulis sendiri sangat buta sekali mengenai excel, hanya memahami formula formula dasar yang ada di excel dan cenderung tidak berminat karena dasar penulis adalah informatika yang lebih suka real coding. Tetapi sudut pandang tersebut berubah drastis ketika tau bahwa di excel ada fasilitas pemrograman macro. ditambah lagi ada tool record macro yang belum pernah ditemui di jenis pemrograman lain. Record macro sendiri adalah tools yang merekam semua aktifitas yang dilakukan di excel, baik klik, set focus cell, formula, pembuatan  tabel, dan hampir semua fungsi di excel lalu diterjemahkan kedalam sebuah coding. jadi initinya tidak perlu repot mengetik coding, hanya cukup dengan merekam aktifitasnya saja, sisanya biarkan record macro yang menerjemahkan kedalam bahasa mesin.

Mungkin fungsi record macro ini sendiri sangat berguna sekali bagi rekan2 yang sangat awam dengan pemrograman, namun bagi penulis bukan disini letak ke spesial an pemrograman ini. Tetapi ada pada letak Command line, User form, Module. dan hal ini sudah sangat familiar sekali dengan penulis. dan ternyata coding yang digunakan pada Macro VBA ini hampir sama persis dengan pemrograman Visual Basic 6.0 yang pernah dipelajari oleh penulis. hanya terdapat sedikit perbedaan, selebihnya sama.



Untuk tips dan trik teknis pada pemrograman excel akan coba penulis share pada artikel selanjutnya, semoga  bisa menjadi wawasan dan menambah ilmu.
kalau kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk traktir penulis, agar lebih semangat sharing berbagai hal di blog ini ^_^
via link berikut ya :
Trakteer Saya
Kamu juga bisa request custom aplikasi dan otomasi data dengan memberikan rinci fitur apa yang kamu inginkan dengan mulai harga Rp. 50.000,- segera klik link ini ya :
Otodidak Pemrograman Macro VBA Excel
4/ 5
Oleh
Open Comments
Close comment

1 komentar

yuu.. kita budayakan berkomentar.. bersilaturahmi itu memperpanjang umur... ^_^