Hindari Anomaly Dalam Merancang Sebuah Sistem Database

Hindari Anomaly Dalam Merancang Sebuah Sistem Database

Hindari Anomaly Dalam Merancang Sebuah Sistem Database
Jumat, 15 Maret 2013

Hindari Anomaly Dalam Merancang Sebuah Sistem Database

Dalam merancang sebuah sistem database, tentunya memliki sebuah aturan agar database yang akan dirancang tidak menyalahi aturan atau Unnormalyze. Jika Normalisasi sudah diterapkan maka ada baiknya juga kita menghinndari Anomaly yang mungkin saja akan terjadi pada database yang dirancang.
Anomaly sendiri merupakan penyimpangan-penyimpangan atau Error atau inkonsistensi data yang terjadi pada saat dilakukan proses insert, delete maupun update. Ketiga proses tersebut sangat beresiko terjadi kesalahan karena memang sangat berkaitan erat dengan perubahan data yang ada pada sebuah database. Ada tiga jenis Anomaly yang biasa sering terjadi, berikut jenis jenis anomaly :
  • Insertion Anomali adalah Error yang terjadi sebagai akibat operasi insert record/tuple pada sebuah relation contoh : Ada matakuliah baru "DK1976" yang akan diajarkan, maka matakuliah tsb tidak bisa di insert ke dalam relation tersebut sampai ada mahasiswa yang mengambil matakuliah tersebut.
  • Deletion Anomali adalah Error yang terjadi sebagai akibat operasi delete record/tuple pada sebuah relation. Contoh : Mahasiswa dengan NIM 19761976, memutuskan untuk batal ikut kuliah DK1976, karena dia merupakan satu-satunya peserta matakuliah tersebut, maka bila record/tuple tersebut didelete akan berakibat hilangnya informasi bahwa mata-kuliah DK19761976, biayanya 150.
  • Update Anomali adalah Error yang terjadi sebagai akibat inkonsistensi data yang terjadi sebagai akibat dari operasi update record/tuple dari sebuah relation. Contoh : Bila biaya kuliah untuk mata kuliah DK1976 dinaikan dari 150 menjadi 200, maka harus dilakukan beberapa kali modifikasi terhadap record-record, tuple-tuple mhs yang mengambil matakuliah DK1976, agar data tetap konsisten
sekian mengenai Hindari Anomaly Dalam Merancang Sebuah Sistem Database, semoga menjadi inspirasi
kalau kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk traktir penulis, agar lebih semangat sharing berbagai hal di blog ini ^_^
via link berikut ya :
Trakteer Saya
Kamu juga bisa request custom aplikasi dan otomasi data dengan memberikan rinci fitur apa yang kamu inginkan dengan mulai harga Rp. 50.000,- segera klik link ini ya :
Hindari Anomaly Dalam Merancang Sebuah Sistem Database
4/ 5
Oleh

yuu.. kita budayakan berkomentar.. bersilaturahmi itu memperpanjang umur... ^_^