Cara dan Tips Ampuh Menghemat Baterai Laptop

Cara dan Tips Ampuh Menghemat Baterai Laptop

Cara dan Tips Ampuh Menghemat Baterai Laptop
Selasa, 19 Maret 2013

Cara dan Tips Ampuh Menghemat Baterai Laptop

cara menghemat baterai laptop agar tahan lama ini berdasarkan pengalaman saya dikampus. Karena tidak membawa charger laptop otomatis baterai adalah satu satu nya daya yang bisa saya gunakan, tapi tentunya kekuatan baterai sangat lah terbatas. Rata rata laptop hanya bisa bertahab berkisar antara 1 jam saja itupun sudah meredupkan pencahayaan screen laptopnya.

Berikut tips tips yang mungkin bisa rekan rekan terapkan jika berada di situasi yang sama

  • Tentunya yang sudah sering dilakukan adalah dengan meredupkan pencahayaan screen laptop. Bergantung pada jenis laptop atau merk yang rekan rekan gunakan, kebetulan laptop saya bermerk asus jadi ada tombol kombinasi untuk meredupkan cahaya dengan menekan “fn+f5” (tanpa tanda petik),mungkin setiap merk laptop bisa menerapkan hal yang sama dengan menekan tombol yang biasanya bersimbol screen dan matahari.
  •  Yang selanjutnya adalah menonaktifkan fungsi fungsi yang tidak perlu. Contohnya aplikasi yang tetap berjalan walau tidak dipakai seperti : gadget pada desktop,windows update, dll.
  • Lalu dengan menonaktifkan fungsi transparency dan aero effects dan menggunakan fungsi tema dasar dengan cara : Klik kanan pada desktop>personalize>  maka akan tampil  :


Rekan rekan perhatikan “Basic and High Themes” lalu silahkan rekan rekan pilih tema yang tersedia seperti tema “windows 7 Basic” atau yang lain nya.

  • Gunakan fungsi  power saver dengan cara buka menu run lalu ketik “change battery settings”Lalu pilih options button “power saver”

  • Matikan fungsi speaker jika dirasa tidak perlu
  • Jika anda menggunakan intel graphics and media control panel, gunakan fungsi color depth dan rubah yang default nya 32 bit ke 16 bit. Ini berfungsi untuk mengurangi ketajaman gambar pada laptop anda.
  • Jika dalam keadaan tidak terpakai jangan ragu untukmengaktifkan fungsi sleep atau bahkan jika dalam waktu lama tidak dipakai kembali lebih baik turn off kan.
  • Matikan fungsi juga screen saver
  • Hindari membuka aplikasi yang sebenarnya tidak diperlukan,semakin banyak aplikasi berjalan semakin cepat baterai anda terkuras.
  • Biasakan menggunakan laptop didalam ruangan yang sejuk . hal ini dikarenakan beberapa laptop terbaru sudah tersedia apliaksi yang memungkinkan laptop terlalu panas (over heat) akan otomatis menghidupakan fan yang ada didalam. Tentunya ini akan menguras baterai anda.


Sekian tips dan cara ampuh menghemat baterai laptop yang berdasarkan pengalaman saya yang bisa hidup sampai 3.5 jam tanpa charge.Mungkin masih banyak tips yang lain yang bisa rekan rekan tambahkan melalui komentar..
Terima kasih…
kalau kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk traktir penulis, agar lebih semangat sharing berbagai hal di blog ini ^_^
via link berikut ya :
Trakteer Saya
Kamu juga bisa request custom aplikasi dan otomasi data dengan memberikan rinci fitur apa yang kamu inginkan dengan mulai harga Rp. 50.000,- segera klik link ini ya :
Cara dan Tips Ampuh Menghemat Baterai Laptop
4/ 5
Oleh

yuu.. kita budayakan berkomentar.. bersilaturahmi itu memperpanjang umur... ^_^