Mengenal Fungsi kode ASCII

Mengenal Fungsi kode ASCII

Mengenal Fungsi kode ASCII
Senin, 18 Maret 2013

Mengenal Fungsi kode ASCII

Apa itu kode ASCII???
ASCII sendiri adalah American Standart Code Information Interchange, jadi bahasa awamnya adalah sebuah kode standart yang digunakan untuk memetakan tombol keyboard. ASCII sendiri saya yakin bagi rekan rekan yang sudah tau sekilas tentang dunia bahasa pemograman cukup penting, karena menyangkut kemudahan dalam memberi perintah untuk sebuah aplikasi.

Bagi rekan rekan yang belum tau, saya coba jabarkan. Dalam dunia bahasa pemograman ASCII sangat sering dipakai pada proses perpindahan kursor (salah satu dari sekian banyak fungsi ASCII ). Misalkan saya membuat sebuah aplikasi menggunakan bahasa pemorgraman visual basic 6. Saya membuat aplikasi kalkulator sederhana,ketika input angka pertama di text box1, saya ingin ketika tombol “enter” ditekan, kursor berpindah ke text box2 untuk penginputan angka ke dua..
Kalau di kode kan seperti berikut :

Private Sub Textbox1_KeyPress(KeyAscii As Integer)
If Keyascii = 13 then
                Textbox2.Setfocus
End if
End sub

Untuk angka 13 adalah kode ascii untuk tombol enter

Berikut saya coba tuliskan kode kode ascii yang ada :

Abjad “A”=97 sampai “Z” = 122
Abjad “a”=65 sampai “z”=90
Angka “0” =48 sampai “9”=57
Tombol lainnya :
Enter =13
Tabulasi =9
ESCape=27
Backspace=8

Untuk Tabel ASCII Lengkapnya sudah penulis posting pada artikel sebelumnya, atau silahkan klik link INI untuk daftar kode ASCII atau Tabel ASCII.
kalau kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk traktir penulis, agar lebih semangat sharing berbagai hal di blog ini ^_^
via link berikut ya :
Trakteer Saya
Kamu juga bisa request custom aplikasi dan otomasi data dengan memberikan rinci fitur apa yang kamu inginkan dengan mulai harga Rp. 50.000,- segera klik link ini ya :
Mengenal Fungsi kode ASCII
4/ 5
Oleh

yuu.. kita budayakan berkomentar.. bersilaturahmi itu memperpanjang umur... ^_^