Cerita Bodoh Dengan Printer L805 - 😭😭Nangis Dipojokan 😭😭

Cerita Bodoh Dengan Printer L805 - 😭😭Nangis Dipojokan 😭😭

Cerita Bodoh Dengan Printer L805 - 😭😭Nangis Dipojokan 😭😭
Selasa, 27 Juni 2023

Sudah hampir seminggu ini dipusingkan dengan masalah kerjaan sampingan. Dimulai dari bahan baku yang mepet, order online yang datangnya parsial dan yang terakhir yang paling bikin mumet adalah printer.

Sebenarnya masalah printer ini udah cukup lumayan lama, yaitu masalah hasil warna yang kurang maksimal, alias agak blur dan warna yang tidak akurat, tapi selama ini juga masalah tersebut solving dengan cara head cleaning alias pembersihan head yang memang sudah tersedia secara default di aplikasi epson.


Ngomongin tentang head cleaning printer, saya baru dapat fakta mencengangkan terkait hal ini yang saya sendiri menyesal baru tau sekarang. Ternyata kalau kita melakukan head cleaning itu, sama saja seperti membuang tinta. kenapa? karena saya punya cerita sedih akan hal ini.


Selama punya printer ini, mungkin sekitar >5 tahunan yang lalu hingga minggu kemarin setiap kali hasil print kurang maksimal, seperti warna kurang tajam alias blur, warna tidak valid dan bergaris biasanya saya akan melakukan head cleaning sampai dengan masalah tersebut selesai.


Biasanya butuh 3 sampai 5 kali head cleaning, namun dibeberapa bulan kemarin, butuh lebih dari itu hingga minggu kemarin setelah belasan bahkan puluhan kali head cleaning masalah tidak selesai juga. Mulailah coba cek tangki warna yang memang harusnya ada tangki yang sisa sedikit, tapi ternyata perkiraan tersebut agak meleset karena ketika dicek kedua tangki warna tersebut dibawah batas minimal (masih ada tapi sedikit).


Buru-buru juga kan langsung beli warna Cyan dan Magenta alias tangki 2 yang kritis itu dan sebelum beli online, coba pastiin lagi mana warna yang sudah mendekati habis, ternyata warna kuning alias yellow sudah mendekati jadi yowis, biar 1 ongkir belilah ketiga warna tersebut dengan kode warna 673 untuk printer epson L805.
(fyi : ini kondisi belinya deg-degan karena lagi dikejar orderan dan takut nyampe barangnya lama)


Sekitar 2 harian, akhirnya sampai 3 botol tinta yang diharapkan. Tidak banyak bak bik buk langsung masukin tangki setelah pulang kerja, langsung head cleaning lagi supaya nampak hasil sempurna yang diharapkan.



berulang kali nyoba belum berhasil sampai pegel ngeklik tombol-tombol disettingan printer. alhasil otomasi aja deh, pake software tambahan seperti JitBit (ini sejenis aplikasi record macro screen, merekan aktifitas klik berdasarkan koordinat kursor), diulang lah hingga tak terhitung proses head cleaning.

Sampai akhirnya ng'check tangki sepintas dan kaget, karena perasaan tinta harusnya penuh semua tapi ternyata ada 1 warna lagi yg masuk kategori minimal alias mau habis, yaitu warna hitam.


Hadeuh, mana dikejar orderan.
Akhirnya dihari minggu itu, setelah ke dokter gigi buat nambal gigi, langsung melipir ke arah cikarang, kali aja ada di SGC (Sentra Grosir Cikarang), karena setahu saya disana ada tukang jual laptop dan aksesorisnya.


Coba tanya-tanya sana sini kode warna yang dituju, ada 1 toko yang menjual tapi ternyata tidak ada warna hitam. Aneh ya, padahal ini pan warna basic yang hampir semua printer pakai.. 😓


Mikir-mikir kalau ke BCP (Bekasi Cyber Park) pasti jauh, akhirnya putus asa, keluar SGC coba nyari ke toko komputer lainnya. Akhirnya nemu 1 toko dan ngejual kode 673 untuk warna hitam tapi dengan harga yang jauh dari pasaran, Rp. 165.000, aish.. nggaaakk,,, mahal banget, fyi : ini yang original ya, kemarin beli online skitar Rp. 133.000.


Akhirnya coba tanya ada yang KW nya atau tidak, nyoba nyoba juga dan mastiin bisa atau ngga. ditawari lah tinta dengan merk BluePrint dengan harga Rp. 50.000. Fyi : mungkin online cuma 25 sampai 35ribuan kali ya, tapi ya namanya kepepet sama orderan, yauda diambil deh BluePrint ini.


Sampai rumah, langsung nyoba print warna hitam, ternyata ga jauh beda hasilnya dan cenderung sama warna hitamnya dengan yang asli.


Balik lagi dengan masalah blur, bergaris, warna tidak valid dan nyobain lagi hingga beberapa kali head cleaning. ditengah percobaan, ada notif :


"Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Telah Berakhir"
namun karena sudah berpengalaman dengan beginian, akhirnya pakai aplikasi resetter yang beberapa tahun lalu digunakan untuk reset jika bertemu notif seperti ini.



Sat set sat set, akhirnya resetlah jadi 0, namun setelah beberapa kali coba print kok keluar lagi notifnya. kepo sana sini via googling, katanya sih karena pad tinta dibelakang perlu dibersihkan karena penuh. Okeh lah, kita coba bongkar sedikit covernya dan terkejutlah hamba ini.

ternyata seluruh bagian bawah printer sudah banjir dengan tinta, tidak hanya pad tinta yang penuh tapi se-body bagian bawah printer juga terendam tinta. Diminggu kelabu itu baru menyadari kebodohan yang bertahun-tahun dijalankan :


  • Ketika dapat notif bantalan tinta penuh, reset tanpa cek kondisi didalamnya.
    ini seharusnya jangan ya, langsung aja buka covernya ambil padnya bersihkan atau jika sudah jelek, ganti saja busanya.

  • Hobby sekali dengan head cleaning otomatis via aplikasi ketika ada masalah kualitas print.
    ternyata printer akan membuang sedikit tinta ke pad/bantalan/pembuangan untuk membersihkan tinta pada selang atau head. Sebagai informasi tambahan, ketika printer dihidupkan ia juga otomatis membersihkan head dengan membuang sedikit demi sedikit tinta agar kerak atau tinta yang mengering bisa terbuang

Kebayang dong, 2 aktifitas bodoh yang dilakukan bertahun-tahun itu, yang akhirnya tinta bertumpuk dan mengalir deras didalam body printer. lengkaplah minggu itu, tangan penuh tinta untuk membersihkan kebodohan bertahun-tahun.


Dikejar orderan, tinta kebuang percuma, printer mandi tinta, ah... triple kill..


cerita masih berlanjut, kriting ngetik malem-malem😂

kalau kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk traktir penulis, agar lebih semangat sharing berbagai hal di blog ini ^_^
via link berikut ya :
Trakteer Saya
Kamu juga bisa request custom aplikasi dan otomasi data dengan memberikan rinci fitur apa yang kamu inginkan dengan mulai harga Rp. 50.000,- segera klik link ini ya :
Cerita Bodoh Dengan Printer L805 - 😭😭Nangis Dipojokan 😭😭
4/ 5
Oleh

yuu.. kita budayakan berkomentar.. bersilaturahmi itu memperpanjang umur... ^_^